Jumat, 04 Juni 2010

Sejarah Berdirinya UKM KST STMIK MI Bandung




Perkenalkan :

Komunitas Seni Teater (KST) adalah sebuah organisasi kemahasiswaan yang bergelut dalam bidang kesenian dan teater. Awal mula munculnya unit kegiatan mahasiswa ini adalah buah pemikiran dari tiga orang mahasiswa dari sebuah Perguruan tinggi yaitu Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Mardira Indonesia Bandung atau lebih singkatnya STMIK MI Bandung, yang beralamatkan di Jl. Soekarno Hatta No. 236 Bandung dan semenjak tahun 2003 sampai sekarang kampus tersebut berpindah tempat ke Jl. Soekarno Hatta No. 211 Bandung. Tiga orang mahasiswa tersebut yang sekaligus sebagai promotor kemunculannya KST adalah Wa Oesro, Jank,Ss dan Unang.

Singkatnya...
Ketiga mahasiswa tersebut rupanya secara tidak diam-diam mengadakan rapat khusus untuk menciptakan sebuah UKM di kampus tercintanya. Akhirnya munculah sebuah kesepakatan dari hasil perbincangan tersebut yaitu membuat sebuah organisasi kemahasiswaan atau Unit Kegiatan Mahasiswa berbasis Kesenian. selanjutnya, mereka menamai organisasi tersebut dengan Komunitas Seni Teater (KST).

Peresmian KST
Setelah mendapat persetujuan dan dukungan dari berbagai pihak terkait ataupun tidak terkait, yaitu diantaranya adalah Pihak Kelembagaan kampus STMIK, BEM dan BLM STMIK, Mahasiswa/i STMIK dan yang paling utama adalah dari Allah SWT. akhirnya pada pertengahan tahun 1998 tepatnya pada 13 Juni 1998 UKM KST pun diresmikan dan Sah menjadi salah satu Unit kegiatan mahasiswa yang ada di lingkungan kampus STMIK MI Bandung. Selain peresmian, ada pula beberapa keputusan yang diambil pada saat itu, diantaranya adalah :
  • Menetapkan Bpk. Marjito sebagai Pembina UKM KST.
  • Menyetujui Wa Jones sebagai Pimpinan KST. atau katakan saja lah ketua, begitu..!!!
  • Dan lain-lain...

Menambah Kekuatan...
Seiring waktu berjalan...ketiga promotor tersebut akhirnya menyepakati untuk memperbanyak pertahanan dengan menambah anggota. satu, dua, tiga dan seterusnya...orang2 mulai melirik KST dan mencoba untuk mengenalnya lebih jauh yaitu dengan menyerahkan JIWA, RASA & RAGA untuk menjadi bagian dari KST. Berikut adalah beberapa orang yang turut memperjuangkan pondasi KST pada waktu itu.
Kiri SAtas : Ji'onk, Geovani, Bule, Ikin, Icon, Bowo, Oes, Beck,Beo,Jack
Laskar KST dan beberapa pengikutnya yang masih eksist sampai sekarang

Cerita punya cerita...
UKM KST terus bergerilia dengan berbagai pertunjukkan dan aksi kesenian. Selain untuk mempromosikan eksistensinya sebagai UKM baru, Pertunjukkan tersebut juga dimaksudkan untuk meramaikan kegiatan kemahasiswaan di kampus. menurut pendapat ribuan mahasiswa yang hidup di jaman itu, berbagai kegiatan yang disuguhkan KST benar2 meramaikan kondisi kampus dan berhasil menghibur para penghuni kampus dan sekitarnya. Berikut adalah salah satu gambar peninggalan KST jaman dulu :
Beberapa foto peninggalan dari pementasan KST jaman dahulu kala.

Kontemplasi Perdana...
Setelah merasa lebih kuat dan merasa matang untuk melanjutkan visi dan misinya sebagai wadah kreativitas mahasiswa, dan setelah melewati berbagai kegiatan promosi, kini KST mulai beranjak ke tahap berikutnya yaitu melakukan perekrutan anggota. pada tahun ajaran baru 1999 KST mengadakan sebuah acara yang disebut KONTEMPLASI. Kontemplasi tersebut merupakan ajang perekrutan dan pengesahan anggota baru KST. Kontemplasi perdana tersebut di ikuti oleh lebih dari 30 calon anggota baru. jumlah yang sangat menggembirakan pada jaman itu.
Para peserta dan panitia kontemplasi hijau tahun 1999, Bumi perkemahan ranca upas ciwidey - Bandung.

Jatuh Bangun KST hingga Sekarang
Waktu demi waktu...KST terus melangkah dengan semangat perjuangannya. berbagai tantangan dan rintanganpun turut menemani perjalanannya. Ada kalanya ia merasa lelah dan putus asa, bahkan sesekali ia dihebohkan dengan kabar Invansi dan Gerakan separatis tentang pembubarannya. Tetapi bukti Nyata menunjukkan......bahwa....

HINGGA KINI KST MASIH EKSIST DAN AKAN TERUS BERTAHAN DAN BERJUANG UNTUK SELAMANYA(4 Ever)
    Orang menyukai ini. Jadilah yang pertama diantara teman-temanmu.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Wah bagus tuh.....tolong dikembangin lagi ya...

Posting Komentar

Untuk Komentator yang belum punya account, harap mencantumkan nama anda.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

KOMUNITAS SENI TEATER. Copyright 2011 All Rights Reserved Free Wordpress Templates by Brian Gardner Blogger Templates presents HD TV Fringe Streaming. Featured on Wedding Photographers Singapore.